Rabu, 02 Januari 2013

Topografi dan Geologi Hawaii

Kepulauan yang terletak sekitar 2.000 mil (3.200 km) barat daya dari daratan Amerika Utara, Hawaii adalah negara bagian paling selatan dari Amerika Serikat dan negara barat kedua setelah Alaska. Hanya Hawaii dan Alaska tidak berbagi perbatasan dengan negara lain AS.

Hawaii adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang tidak secara geografis terletak di Amerika Utara, tumbuh kopi, benar-benar dikelilingi oleh air, sepenuhnya kepulauan, memiliki istana kerajaan, dan tidak memiliki garis lurus dalam batas negaranya.

Gunung Hawaii tertinggi, Mauna Kea, berdiri di 13.796 ft (4,205 m) tetapi lebih tinggi dari Gunung Everest jika diikuti dengan dasar gunung, yang, tergeletak di lantai Samudera Pasifik, meningkat sekitar 33.500 ft (10.200 m).

Delapan pulau utama, Hawaii, Maui, Oahu, Kahoolawe, Lanai, Molokai, Kauai dan Niihau disertai dengan banyak orang lain. Kaala adalah sebuah pulau kecil dekat Niihau yang sering diabaikan. Kepulauan Hawaii Northwest adalah serangkaian sembilan kecil, massa tua barat laut dari Kauai yang memperpanjang dari Nihoa ke Kure yang sisa-sisa gunung berapi sekali jauh lebih besar. Ada juga lebih dari 100 batu-batu kecil dan pulau, seperti Molokini, yang baik vulkanik, asal sedimen atau erosi di laut, sebanyak 130 atau lebih di seluruh nusantara.

Pulau-pulau Hawaii yang (dan terus menjadi) terus terbentuk dari aktivitas gunung berapi dimulai pada sumber magma bawah disebut hotspot. Sebagai lempeng tektonik bawah banyak dari Samudera Pasifik bergerak ke arah barat laut, hot spot tetap diam, perlahan-lahan menciptakan gunung berapi baru. Karena lokasi hotspot, satu-satunya gunung berapi aktif yang terletak di sekitar bagian selatan Big Island. Gunung berapi terbaru, Loihi Seamount, terletak di selatan pantai Big Island itu.

Ledakan gunung berapi di luar Big Island terjadi di Haleakala di Maui sebelum abad ke-18, meskipun bisa saja ratusan tahun sebelumnya. Pada tahun 1790, Kilauea meledak dengan letusan mematikan (era modern) diketahui memiliki terjadi di tempat yang sekarang Amerika Serikat. sebanyak 5.405 prajurit dan keluarga mereka berbaris di Kilauea dibunuh oleh letusan itu.

Aktivitas vulkanik dan erosi berikutnya telah menciptakan fitur geologi yang mengesankan. The Big Island memiliki titik tertinggi ketiga di antara pulau-pulau di dunia.

Ketidakstabilan lereng gunung berapi telah menghasilkan gempa bumi merusak dengan tsunami terkait, khususnya tahun 1868 dan 1975. Tebing curam telah disebabkan oleh puing-puing longsoran bencana di sisi-sisi gunung berapi terendam laut pulau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar